HIPERVOLEMIA ADALAH PDF

apabila perawat tidak memperhatikan regulasi infus adalah hipervolemia dan Penghitungan cairan yang sering digunakan adalah penghitungan millimeter. Menurut Kamus Kesehatan รข elektrolit adalah garam yang . 2) Hipervolemia Adalah penambahan/kelebihan volume CES dapat terjadi pada. tidak langsung yang dialokasikan untuk gagal jantung adalah juta .. BNP > Gagal jantung kongetif yang berat (hipervolemia) VII.

Author: Vudomi Shakajora
Country: Lesotho
Language: English (Spanish)
Genre: Love
Published (Last): 19 March 2018
Pages: 38
PDF File Size: 20.3 Mb
ePub File Size: 20.86 Mb
ISBN: 386-9-19417-785-2
Downloads: 61656
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Vudolkis

Laporan menjadi superstar superstar Download Report. Published on Apr View Download 9. Definisi Cairan dan ElektrolitAir adalah komponen pembentuk tubuh yang paling banyak jumlahnya. Air beserta unsur-unsur di dalamnya yang diperlukan untuk kesehatan sel disebut cairan tubuh. Cairan ini sebagian berada di luar sel ekstraselular dan sebagian lagi di dalam sel intraselular Syaifuddin, Komponen tunggal terbesar dalam tubuh adalah air. Air adalah pelarut bagi semua zat terlarut dalsm tubuh baik dalm suspensi maupun larutan.

Volume cairan intrasel tidak dapat diukur secara langsung hhipervolemia prinsip difusi oleh karena tidak ada bahan yang hanya terdapat dalam cairan intrasel.

Volume cairan intrasel dapat diketahui dengan mengurangi jumlah cairan ekternal, terdiri dari cairan tubuh total. Cairan eksternal terdiri dari cairan tubuh total: Plasma darah Cairan intranseluler, cairan yang terdapat pada rongga khusus seperti dalam pleura, perikardium, cairan sendi, cairan serebrospinalis.

Cairan tubuh sebagian besar berasal dari makanan dan minuman setiap hari dan sebagian kecil berasal dari proses oksidasi H2 dalam makanan. Haluaran pengeluaran cairan terjadi melalui organ-organ seperti;a. Ginjal Merupakan pengatur utama keseimbangan cairan yang menerima liter darah untuk disaring setiap hari.

Jumlah urine yang diproduksi oleh ginjal dipengaruhi oleh ADH dan aldosteron. Kulit Hilangnya cairan melalui kulit diatur oleh saraf simpatis yang merangsang aktivitas kelenjar keringat. Rangsangan kelenjar keringat dapat dihasilkan dari aktivitas otot, temperatur lingkungan meningkat dan demam.

Paru-paruMeningkatnya cairan hilang sebagai respon terhadap perubahan kecepatan dan kedalaman napas akibat pergerakan atau demam. GastrointestinalDalam kondisi normal cairan yang hilang dari gastrointestinal setiap hari sekitar ml. Komposisi cairan tubuh terbagi 2, yaitu: Menurut teori Svante Arrhenius tentang larutan elektrolit larutan elektrolit dalam air terdisosiasi ke dalam partikel-partikel bermuatan listrik positif dan negatif yang disebut ion ion positif dan ion negatif.

Menurut Kamus Kesehatan elektrolit adalah garam yang terionisasi terurai menjadi ion positif dan negative dalam cairan tubuh. Na, K, Ca,Mg, dan anion -: Natrium mempengaruhi keseimbangan air, hantaran impuls saraf dan kontraksi otot.

Sosdium diatur intake garam. Kalsium Ca Membantu aktifitas saraf dan otot normal. Meningkatkan kontrasi otot jantung. Klorida Cl Kadar berlebih di ruang ekstrasel Membantu proses keseimbangan natrium Komponen utama dari sekresi kelenjar gasterf.

Fosfat Meningkatkan kegiatan neuromuskuler, metabolisme karbohidrat, pengaturan asam basa Diatur oleh hormon paratyroid Diantara semua elektrolit di dalam tubuh, ada tiga cairan elektrolit yang paling esensial yaitu Natrium NaKalsium Cadan Kalium K.

UsiaKebutuhan intake cairan bervariasi tergantung dari usia, karena usia akan berpengaruh pada luas permukaan tubuh, metabolisme, dan berat badan. Infant dan anak-anak lebih mudah mengalami gangguan keseimbangan cairan dibanding usia dewasa. Pada usia lanjut sering terjadi gangguan keseimbangan cairan di karenakan gangguan fungsi ginjal atau jantung.

  DE ARCANGELIS ECONOMIA INTERNAZIONALE PDF

IklimOrang yang tinggal di daerah yang panas suhu tinggi dan kelembaban udaranya rendah memiliki peningkatan kehilangan cairan tubuh dan elektrolit melalui keringat. Sedangkan seseorang yang beraktifitas di lingkungan yang panas dapat kehilangan cairan sampai dengan 5 L per hari.

DietDiet seseorag berpengaruh terhadap intake cairan dan elktrolit. Ketika intake nutrisi tidak adekuat maka tubuh akan membakar protein dan lemak sehingga akan serum albumin dan cadangan protein akan menurun padahal keduanya sangat diperlukan dalam proses keseimbangan cairan sehingga hal ini akan menyebabkan edema.

StressStress dapat meningkatkan metabolisme sel, glukosa darah, dan pemecahan glykogen otot.

Laporan menjadi superstar superstar

Mrekanisme ini dapat meningkatkan natrium dan retensi air sehingga bila berkepanjangan dapat meningkatkan volume hiprvolemia. Kondisi sakitKondisi sakit sangat b3erpengaruh terhadap kondisi keseimbangan cairan dan elektrolit misalnya: Trauma seperti luka bakar akan meningkatkan kehilangan air melalui IWL.

Penyakit ginjal dan kardiovaskuler sangat mempengaruhi proses regulator keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Pasien dengan penurunan tingkat kesadaran akan mengalami ganguan pemenuhan intake cairan karena kehilangan kemampuan untuk memenuhinya secara mandiri. Tindakan medisBanyak hipervolemiaa medis akan berpengaruh pada keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh seperti: PengobatanPengobatan seperti pemberian dieretik, laksative dapat berpengaruh pada kondisi cairan dan elektrolit tubuh.

PembedahanPasien dengan tindakan pembedahan memiliki resiko tinggimengalami gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh karena kehilangan darah selama pembedahan. PatofisiologiKebutuhan cairan dan elektrolit adalah suatu proses dinamik karena metabolisme tubuh membutuhkan perubahan yang tetap dalam berespons terhadap stressor fisiologis dan lingkungan. Keseimbangan cairan adalah esensial bagi kesehatan. Dengan kemampuannya yang sangat besar untuk menyesuaikan diri, tubuh mempertahankan keseimbangan, biasanya dengan proses-proses faal fisiologis yang terintegrasi yang mengakibatkan adanya lingkungan sel yang relatif konstan tapi dinamis.

Kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan cairan ini dinamakan homeostasis. Gangguan volume cairan adalah suatu keadaan ketika individu beresiko mengalami penurunan, peningkatan, atau perpindahan hiperbolemia dari satu kelainan cairan adalwh, interstisial dan intraseluler.

Kelebihan volume cairan terjadi apabila tubuh menyimpan cairan dan elektrolit dalam kompartemen ekstraseluler dalam proporsi yang seimbang. Karena adanya retensi cairan isotonik, konsentrasi natrium dalam serum masih normal.

Kelebihan cairan tubuh hampir selalu disebabkan aealah peningkatan jumlah natrium dalam serum. Hal sebaliknya terjadi pada keadaan kekurangan volume cairan. Adapun masalah yang terjadi berhubungan dengan keseimbangan cairan dan elektrolit antara lain: Masalah-masalah keseimbangan cairan pada defisit cairan yaitu: Perubahan perilaku, bingung, tidak ada koordinasi, BB hipervo,emia naik, kulit lembab, lemas, kejang-kejang 3 HipertonisLarutan yang menyebabkan sel mengkerut jika dimasukan kedalam larutan tadi.

Bengkak, kulit mengkilap Edema paru: Masalah-masalah keseimbangan cairan dan elektrolit1 HipovolemikAdalah suatu kondisi akibat kekurangan volume cairan ekstra seluler CES dan dapat terjadi karena kehilangan melalui kulit, ginjal, gastrointestinal, pendarahan sehingga menimbulkan syok hipovolemik.

Mekanisme nya adalah peningkatan rangsangan saraf simpatis peningkatan frekuensi jantung, kontraksi jantung dan tekanan vaskulerrasa haus, pelepasan hormone ADH dan adosteron. Tanda-tanda penurunan berat badan dengan akut, matacekung, pengosongan vena jugularis. Pada bayi dan anak adanya penurunan jumlah air mata. Stimulasi kronis ginjal untuk menahan natrium dan air.

Fungsi ginjal abnormal, dengan penurunan ekskresi natrium dan air. Perpindahan cairan interstisial ke plasma. Sakit kepala, kelemahan otot, apatis, mual muntah, shock, kekacauan mental, coma4 Hipernatremia Peningkatan sodium dalam intravaskuler CES hypertoins Penyebab: Kehilangan air berlebihan tanpa diikuti sodium Intake sodium yang berlebihan Infus NaCl yang terlalu cepat Gejala: Penyebab intake pottasium yang adalaah kemampuan ginjal untuk mengsekresi Kegagalan renal Pottasium masuk ke darah akibat sel-sel yang cedera Gejala: Jumlah volume ini tergantung pada kandungan hipsrvolemia badan dan usia.

  MANUAL ARTCUT 2009 ESPAOL PDF

Lemak jaringan sangat sedikit menyimpan cairan di mana lemak pada wanita lebih banyak dari pria sehingga jumlah hipervoleima cairan lebih aralah dari pria.

Usia juga berpengaruh terhadap TBW di mana makin tua usia makin sedikit kandungan airnya. Tanda dan gejala terjadinya gangguan pada kebutuhan cairan dan elektrolit: Tanda dan gejala kelebihan cairan yipervolemia elektrolit secara umum: Tanda dan gejala kekurangan cairan dan elektrolit secara umum: Pengkajian masalah yang berat, bunyi nafas dan warna kulitc.

Imobilisasi cairan dengan memposisikan pasien pada posisi supine penggunaan super live stookingsd. Menghentikan infus bila pemberian natrium cairan berlebihane. Frekuensi pemberian cairan hipervolwmia keparahan, kekurangan dan respon kemodinamik pasien terhadap penggantian cairanf.

Pemberian deuretik jika pembatasan diet natrium tidak cukup untuk mengurangi odema dengan mencegah reabsorbsi natrium dan air oleh ginjalg. Penatalaksanaan medis utama diarahkan pada pengendalian atau pengobatan penyakit dasar. Obat-obatan tersebut misalnya; prednison yang dapat mengurangi beratnya diare dan penyakit.

PEDIATRIC FLUID AND ELECTROLYTE BALANCE: CRITICAL CARE CASE by Budhi Kurniawan on Prezi

Terapi cairan intra vena mungkin diperlukan untuk hydrasi cepat, khususnya untuk anak kecil dan lansia. Ini mengacu pada dehidrasi, kehilangan cairan saja tanpa perubahan pada natrium.

Perubahan status mental, Hipotensi, tachikardi, turgor kulit dan lidah menurun, haluaran urin turun, membran mukosa kering, kulit kering, hematokrit naik, suhu naik, pucat, kelemahan, konsentrasi urin pekat bahkan oliguria, BB turun dengan tiba-tiba. Eedema, oliguria, distensi vena jugularis, hipertensi, distress pernafasan, anasarka, asietas, perubahan pola nafas, perubahan status mental, dyspnea, orthopnea, BJ terdengar S3, peningkatan BB dalam waktu singkat, Hb turun. Risiko Kurang Volume Cairan Yaitu berisiko untuk mengalami dehidrasi vascular, seluler atau intraselular.

Deviasi akses dan asupan cairan, Deviasi absorbsi cairan, Kehilangan cairan yang berlebihan melalui rute normal seperti diare, Usia lanjut, BB yang ekstrim, Status hypermetabolik, Kehilangan cairan melalui rute abnormal drainage tubeKurang pengetahuan, Medikasi misal, diuretic. Ini mengacu pada kehilangan, penambahan cairan tubuh atau keduannya.

Bedah abdomen, ascites, luka bakar, obstruksi intestinal ususpankreatitis, merasakan berkeringat, sepsis, cedera traumatik fraktur tulang pangkal paha e. Risiko Ketidakseimbangan Elektrolit Yaitu berisiko mengalami perubahan kadar elektrolit serum yang dapat mengganggu kesehatan Faktor risiko: Diare, disfungsi endokrin, imbalance cairan dehidrasi, intoksikasi airdisfungsi ginjal, kelemahan mekanisme regulasi diabetes insipidus, SIADHefek samping pengobatan drain, obatmuntah.

HipertermiYaitu peningkatan titik patokan set point suhu di hipotalamus Corwin, Elizabeth J, Dikatakan demam jika suhu orang menjadi lebih dari 37,5 C Oswari, E, Peningkatan suhu tubuh diatas normal, konvulsi, kulit memerah, kejang, takikardi, takipnea, diraba hangat, lemas, pucat, hipotensi, turgor turun. Definitions and Classification Diagnosa Keperawatan: Definisi dan Klasifikasi alih bahasa: Anatomi dan fisiologi untuk mahasiswa keperawatan.

Laporan Pendahuluan Kebutuhan Dasarhttp: Some Books Bellow will present you all related to jesuschrist superstar songbook!