ASKEP PREEKLAMPSIA PDF

Asuhan Keperawatan Pada Ny R P1A0 Post Sectio Caesarea Dengan Indikasi Preeklampsia Berat (PEB) Di Ruang Mawar RSUD Surakarta. laporan pendahuluan preeklamsi pdf laporan pendahuluan peb pdf askep preeklampsia berat pdf. LP Preeklamsi Berat – Download as Word Doc .doc /. docx). Askep askep- form askep Askep askep

Author: Vikinos Sagul
Country: Estonia
Language: English (Spanish)
Genre: Art
Published (Last): 14 December 2009
Pages: 234
PDF File Size: 8.75 Mb
ePub File Size: 9.65 Mb
ISBN: 264-2-69689-197-8
Downloads: 94063
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Fern

Askep Isk Askep IskDeskripsi lengkap. Kasus Askep asuhan keperawatan. Askep – Dehidrasi Full description.

Sabbash ra shankara pdf | eretvsv | Scoo

Karena itu disebut juga hamil anggur atau mata ikan. Mochtar, Rustam, dkk, Janin biasanya meninggal akan tetapi villus-villus yang membesar dan edematus itu hidup dan tumbuh terus, gambaran yang diberikan adalah sebagai segugus buah anggur.

Wiknjosastro, Hanifa, dkk, Mola hidatidosa adalah perubahan abnormal dari villi korionik menjadi sejumlah kista yang menyerupai anggur yang dipenuhi dengan cairan. Embrio mati dan mola tumbuh dengan cepat, membesarnya uterus dan menghasilkan sejumlah besar human chorionic gonadotropin hCG Hamilton, C. Askep Mola Hidatidosa B. Etiologi Penyebab mola hidatidosa tidak diketahui secara pasti, namun faktor penyebabnya adalah: Keadaan sosio-ekonomi yang rendah. Infeksi virus dan faktor kromosom yang belum jelas.

Patofisiologi Mola hidatidosa dapat terbagi menjadi: Mola hidatidosa komplet klasik preeklampsiq, jika tidak ditemukan janin. Mola hidatidosa inkomplet parsialjika disertai janin atau bagian janin. Ada beberapa teori yang diajukan untuk menerangkan patogenesis dari penyakit trofoblast: Adanya sirkulasi maternal yang terus menerus dan tidak adanya fetus menyebabkan trofoblast berproliferasi dan melakukan fungsinya selama pembentukan cairan.

Tanda dan Gejala Tanda dan gejala kehamilan dini didapatkan pada mola hidatidosa. Kecurigaaan preeeklampsia terjadi pada minggu ke 14 – 16 dimana ukuran rahim lebih besar dari kehamilan biasa, pembesaran rahim yang terkadang diikuti perdarahan, dan bercak berwarna merah darah beserta keluarnya materi seperti anggur pada pakaian dalam.

Tanda dan gejala serta komplikasi mola: Pembesaran rahim yang tidak sesuai dengan usia kehamilan lebih besar. Gejala — gejala hipertitoidisme seperti intoleransi panas, gugup, penurunan BB yang tidak dapat dijelaskan, tangan gemetar dan berkeringat, kulit lembab.

Gejala — gejala pre-eklampsi seperti pembengkakan pada kaki dan tungkai, peningkatan tekanan darah, proteinuria preeklampisa protein pada air seni. Askep Mola Hidatidosa E. Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah: Melalui pemeriksaan USG kita dapat melihat adakah janin di dalan kantung gestasi kantung kehamilan dan kita dapat mendeteksi gerakan maupun detak jantung janin.

Apabila semuanya tidak kita temukan di dalam pemeriksaan USG maka kemungkinan kehamilan ini bukanlah kehamilan yang normal. Penatalaksanaan Medis Penanganan yang biasa dilakukan pada mola hidatidosa adalah: Diagnosis dini akan menguntungkan prognosis. Pemeriksaan USG sangat membantu diagnosis.

  ENDA ETC 4420 PDF

Pada fasilitas kesehatan di preeklqmpsia sumber daya sangat terbatas, dapat dilakukan: Evaluasi klinik dengan fokus pada: Riwayat haid terakhir dan kehamilan Perdarahan tidak teratur atau spotting, pembesaran abnormal uterus, pelunakan serviks dan korpus uteri. Kajian uji kehamilan dengan pengenceran urin.

Lakukan pengosongan jaringan mola dengan segera. Antisipasi komplikasi krisis tiroid, perdarahan preeklampwia atau perforasi uterus. Lakukan pengamatan lanjut hingga minimal 1 tahun. Selain dari penanganan di atas, masih preeklajpsia beberapa penanganan khusus yang dilakukan pada pasien dengan mola hidatidosa, yaitu: Segera lakukan evakuasi jaringan mola dan sementara proses evakuasi berlangsung berikan infus 10 IU oksitosin dalam ml NaCl atau RL dengan kecepatan tetes per menit sebagai tindakan preventif terhadap perdarahan hebat dan efektifitas kontraksi terhadap pengosongan uterus secara tepat.

Pengosongan dengan Aspirasi Vakum lebih aman dari kuretase tajam. Bila sumber vakum adalah tabung manual, preemlampsia peralatan AVM minimal 3 set agar dapat digunakan secara bergantian hingga pengosongan kavum uteri selesai. Kenali dan tangani komplikasi seperti tirotoksikasi prdeklampsia krisis tiroid baik sebelum, selama dan setelah prosedur evakuasi.

Kadar hCG diatas Selama pemantauan, pasien dianjurkan untuk menggunakan kontrasepsi hormonal apabila masih ingin anak atau tubektomy apabila ingin menghentikan fertilisasi. Pengkajian Pengkajian adalah pendekatan sistematis untuk mengumpulkan data dan menganalisanya sehingga dapat diketahui masalah dan kebutuhan perawatan bagi klien. Adapun hal-hal yang perlu dikaji adalah: Kaji adanya menstruasi tidak lancar dan adanya perdarahan pervaginam berulang.

Riwayat kesehatan, yang terdiri atas: Kaji adanya pembedahan yang pernah dialami oleh klien, jenis pembedahankapanoleh siapa dan di mana tindakan tersebut berlangsung. Riwayat penyakit yang pernah dialami: Yang dapat dikaji melalui genogram dan dari genogram tersebut dapat diidentifikasi mengenai penyakit turunan dan penyakit menular yang terdapat dalam keluarga.

Kaji tentang mennorhoe, siklus menstruasi, lamanya, banyaknya, sifat darah, bau, warna dan adanya dismenorhoe serta kaji kapan menopause terjadi, gejala serta keluahan yang menyertainya. Riwayat kehamilanpersalinan dan nifas: Kaji bagaimana keadaan anak klien mulai dari dalam kandungan hingga saat ini, bagaimana keadaan kesehatan anaknya. Kaji mengenai aktivitas seksual klien, jenis kontrasepsi yang digunakan serta keluahn yang menyertainya.

Kaji riwayat pemakaian obat-obatankontrasepsi oral, obat digitalis dan jenis obat lainnya. Kaji mengenai nutrisi, cairan dan elektrolit, eliminasi BAB dan BAKistirahat tidur, hygiene, ketergantungan, baik sebelum dan saat sakit. Hal yang diinspeksi antara lain: Mengobservasi kulit terhadap warna, perubahan warna, laserasi, lesi terhadap drainase, pola pernafasan terhadap kedalaman dan kesimetrisan, bahasa tubuh, pergerakan dan postur, penggunaan ekstremitas, adanya keterbatasan fifik, dan seterusnya.

  ENLOQUECEME CATHRYN COOPER PDF

Nyeri berhubungan dengan terputusnya kontinuitas jaringan. Intoleransi aktivitas berhubungan dengan kelemahan.

04. Eklampsia PEMDA 2016

Gangguan pola tidur berhubungan dengan adanya nyeri. Kecemasan berhubungan dengan perubahan status kesehatan B.

Mengetahui tingkat nyeri yang dirasakan sehingga dapat membantu menentukan intervensi yang tepat. Perubahan tanda-tanda vital terutama suhu dan nadi merupakan salah satu indikasi peningkatan nyeri yang dialami oleh klien. Teknik relaksasi dapat membuat klien merasa sedikit nyaman dan distraksi dapat mengalihkan perhatian klien terhadap nyeri sehingga dapat mambantu preekklampsia nyeri yang dirasakan.

Obat-obatan analgetik akan memblok reseptor nyeri sehingga nyeri tidat dapat dipersepsikan.

Eklampsia PEMDA

Klien akan menunjukkan terpenuhinya kebutuhan rawat diri Kriteria Hasil: Kebutuhan preeilampsia klien terpenuhi tanpa membuat klien ketergantungan pada perawat. Pelaksanaan aktivitas dapat membantu klien untuk mengembalikan kekuatan secara bertahap dan menambah kemandirian dalam memenuhi kebutuhannya. Membantu memenuhi kebutuhan klien yang tidak terpenuhi secara mandiri. Klien akan mengungkapkan pola tidurnya tidak terganggu Kriteria Hasil: Dengan mengetahui pola tidur klien, akan memudahkan dalam menentukan intervensi selanjutnya.

Memberikan kesempatan pada klien untuk beristirahat. Susu mengandung protein yang tinggi sehingga dapat merangsang untuk tidur. Dengan jumlah penjaga klien yang dibatasi maka kebisingan di ruangan dapat dikurangi sehingga klien dapat beristirahat. Diazepam berfungsi untuk merelaksasi otot sehingga klien dapat tenang dan mudah tidur. Klien akan menunjukkan tidak terjadi panas Kriteria Hasil: Suhu diatas normal menunjukkan terjadinya proses infeksi, pola demam dapat membantu diagnosa. Suhu ruangan harus diubah atau dipertahankan, suhu harus mendekati normal.

Minum banyak dapat membantu menurunkan demam. Kompres hangat dapat membantu penyerapan panas sehingga dapat menurunkan suhu tubuh.

Digunakan untuk mengurangi demam dengan aksi pada hipothalamus. Mengetahui sejauh mana kecemasan tersebut mengganggu klien. Preeklapmsia perasaan dapat memberikan rasa lega sehingga mengurangi kecemasan.

Dengan mendengarkan keluahan klien secara empati maka klien akan merasa diperhatikan. Menciptakan ketenangan batin sehingga kecemasan dapat berkurang.

Sinopsis Obstetri, Jilid I. Buku Ajar Praktik Kebidanan. Jakarta Mansjoer, Arif, dkk. Kapita Selekta Kedokteran, Jilid I. Mansjoer, Arif, dkk, Tidak terbentuk fetus Soekojo, Saleh, Imunoselektif dari tropoblast c. Keadaan sosio-ekonomi yang rendah d. Infeksi virus dan faktor kromosom yang belum jelas Mochtar, RustamMola hidatidosa komplet klasikjika tidak ditemukan janin b. Mudigah mati pada kehamilan 3 — 5 minggu karena itu terjadi gangguan peredarah darah sehingga terjadi penimbunan cairan masenkim dari villi dan akhirnya preeklampsiia gelembung-gelembung.